Kamis, 13 Oktober 2011

Keterpaduan Pasar dan Permintaan Kopi Robusta Indonesia di Pasar Internasional

Oleh :
Budiarto [01/962/PS]

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk : 1). menganalisis derajat keterpaduan harga kopi robusta Indonesia dengan pasar internasional, 2). menganalisis pertumbuhan ekspor, percepatan pertumbuhan ekspor dan pangsa  pasar kopi robusta Indonesia,3). menganalisis respon permintaan kopi robusta Indonesia di pasar negara importirterhadap perubahan faktor-faktor harga kopi robusta, harga kopi arabika dan faktorlainnya.
Data yang digunakan adalah data sekunder runtun waktu 1981-2001 untuk limanegara pengimpor utama kopi robusta Indonesia yaitu Amerika Serikat, Jerman,Jepang, Australia dan Aljeria. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis tabel,analisis statistik dan ekonometri model regresi linier berganda dengan metodeOrdinary Least Square (OLS), Autoregressive dan Two Stage Least Square (2SLS)model log-linier dinamik.

Hasil analisis menunjukkan bahwa keterpaduan pasar kopi robusta Indonesiadengan pasar internasional (New York), pasar kopi robusta Indonesia di Jerman dan Jepang terpadu dengan pasar internasional.Volume ekspor, nilai ekspor dan hargakopi robusta Indonesia tahun 1981-2001 secara keseluruhan cenderung mengalamipenurunan, pertumbuhan ekspor total ke negara di dunia pertumbuhannya masihpositif. Kinerja ekspor kopi robusta Indonesia tahun 1981-2001 mempunyaikeunggulan komparatif dan pangsa pasar tetapi cenderung menurun.. Permintaan kopirobusta Indonesia responsif terhadap perubahan harga kopi robusta dan harga kopiarabika.
Kata kunci : keterpaduan pasar, pertumbuhan ekspor, permintaan

Tidak ada komentar: